Laptops

shop with all senses

Minggu, 05 Juni 2011

GUNAKANLAH INTERNET DENGAN BIJAKSANA


BY: SHAFIRA - PC NET dikutip dari blog tetangga: mfirdausagung.blogspot.com




Internet, siapa sih yang gak tau sama kata yang satu ini . Secara zaman sekarang semua orang pasti akrab banget sama internet. Hampir di semua tempat kita ketemu sama yang namanya internet. Bahkan udah banyak orang yang kecanduan sama internet, pokoknya sehari tanpa internet rasanya hampa banget atau lebih baik gak makan daripada gak bisa ngenet (ini sih penulisnya banget!!!).

Keberadaan internet telah memudahkan hidup kita. Semenjak ada internet rasanya jarak dan waktu udah gak ngaruh lagi. Kita bisa dapat berbagai informasi dan bisa ngobrol sama temen kita kapanpun dan dimanapun kita mau. Internet juga telah berperan membuat banyak orang betah berjam–jam cuma buat duduk menatap layar kaca alias komputer.(setelah dicek lagi eh ternyata tuh komputer gak dinyalain hehehe….) .

Internet juga udah kepalang terkenal karena berhasil melanjutkan tradisi usaha warung. Pertama adalah kehadiran warteg (warung tegal) yang menyediakan berbagai makanan. Selanjutnya wartel (warung telepon) yang nyediain jasa peminjaman telepon, akan tetapi (buset dah bahasanya!!!) keberadaan wartel sudah mulai tergeser semenjak orang udah pada punya handphone.

Nah, terus ada yang namanya warnet (warung internet) di tempat ini kita bisa numpang ngenet dengan harga yang bersaing. Coba deh perhatiin di sepanjang jalan pasti banyak kita temuin warnet. Keberadaan warnet telah menjamur dan beredar dimana–mana menyaingi keberadaan warung pendahulunya yaitu warteg dan wartel (idih gak penting banget sih).

Internet ini merupakan suatu terobosan teknologi yang sangat bermanfaat, kalo aja kita sadar dan mau menyadarinya. Lantaran internet bisa diakses oleh siapapun dari berbagai kalangan dan usia maka internet bisa aja menjadi sebuah bumerang bagi penggunanya. Karena ada aturan atau setidaknya ada kiat agar internet ini bisa kita gunakan untuk hal yang bermanfaat bahkan menguntungkan bagi kita.

Fenomena yang disesali adalah penggunaan internet di Indonesia yang bisa dibilang masih jauh dari harapan. Dari segi pengguna mungkin cukup signifikan karena semakin hari semakin laris aja nih internet bahkan katanya 80% pengguna internet di Indonesia adalah pada rentang usia muda yang paling produktif yaitu kisaran usia 16 – 25 tahun.

Walaupun sudah banyak yang menggunakan internet tetapi masih banyak yang gak bisa memanfaatkannya. Akhinya banyak pengguna internet Indonesia yang menggunkan internet hanya untuk sekedar membuang waktu secara percuma tanpa ada manfaat dan keuntungan yang sebenarnya bisa didapatkan dari internet. Bahkan pengguna internet Indonesia cenderung menggunakan internet untuk hal negatif yang tanpa disadari telah merugikan diri sendiri.

Banyak para pemuda yang kecantol ama internet tapi tersesat dalam gemerlapnya game online. Dalam satu hari yang mereka lakukan cuma duduk di depan komputer main game online. Bahkan banyak yang sampai bolos sekolah hingga akhirnya membuat turunnya prestasi belajar karena hanya menggunakan internet untuk membodohkan dan memalaskan diri.(kalau udah begini biasanya kasian ama orangtua yang udah susah-susah kerja nyari duit, eh anaknya malah bolos sekolah bahkan sampai ada yang jarang di rumah).

Ada lagi yang memanfaatkan internet cuma buat narsis. Banyak orang yang ngenet hanya buat mengakses ke website jejaring sosial. Tiap buka internet paling banter buka facebook, twitter atau chating. Kerjaannya cuma update status, upload foto, komentar-komentar dan akhirnya chating buat ngobrolin hal-hal yang sebenernya gak penting. Walaupun gak penting tapi kenyataannya banyak waktu yang terbuang bahkan merugikan.

Udah banyak terjadi di Indonesia penyalahgunaan website jejaring sosial ataupun pengunaan yang terlalu sering dan salah kaprah yang akhirnya membuat si pengguna dilaporkan ke polisi. Bagi para pegawai dan pekerja sendiri situs jejaring sosial telah menurukan produktivitas mereka dalam bekerja.

Sudah saatnya pengguna internet Indonesia untuk mengubah perilaku mereka dalam berinternet. Internet telah mengubah perilaku kita dalam menjalani kehidupan. Saat ini dari 24 jam dalam sehari mungkin ada beberapa jam yang anda gunakan untuk berinternet. Cobalah untuk berinternet tak hanya sekedar bermain game dan mengakses website jejaring sosial saja. Kenyataannya masih banyak hal bermanfaat yang bisa anda lakukan di internet.

Bagi anda yang masih pelajar dan mahasiswa, internet adalah gudangnya pengetahuan. Sangat banyak tersedia berbagai buku atau artikel pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu yang tersedia di internet dan kita bisa mendapatkan ilmu itu secara gratis. Setidaknya kita bisa memanfaatkan internet untuk membantu kita dalam belajar atau mencari materi yang ditugaskan kepada kita. Sehingga tugas kita bisa dikerjakan dengan mudah dan akhirnya membuat anda mampu berprestasi.

Internet juga telah membuka lowongan pekerjaan baru dan prospek bisnis yang sangat menggiurkan. Sudah banyak orang yang menawarkan barang dan jasa di internet dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Kesempatan bagi anda untuk menawarkan usaha bisnis anda di internet karena bisa diakses oleh orang dari seluruh penjuru dunia.

Internet juga membuat kita makin akrab sama komputer. Akhirnya kita bisa ngerti seluk beluk komputer dan tergoda untuk mampu mengoperasikan berbagai software dan berkecimpung di hardware yang membuat kita makin pinter dan menambah keahlian kita dalam bekerja menggunakan komputer. Siapa tahu kita bisa menjadi tenaga IT yang profesional gara-gara akrab sama komputer.

Biar makin keren coba deh anda membuat website atau blog. Isinya boleh tentang apa saja asalkan tidak merugikan. Banyak lho orang yang hanya gara-gara nulis pengalaman pribadi di blog akhirnya bisa bikin buku best seller dan ujung-ujungnya jadi terkenal yah minimal punya penghasilan tambahan. Setidaknya anda memiliki kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di waktu senggang.

Oh iya buat yang masih nganggur maka internet bisa dimanfaatkan untuk mencari lowongan pekerjaan. Nyari lowongan pekerjaan di internet peluangnya jelas lebih besar karena bisa nyari lowongan pekerjaan dari seluruh penjuru dunia. Kalo aja kebetulan anda ahli di bidang IT tapi masih nganggur coba deh bikin sesuatu di internet yang mungkin malah bisa membuat anda mendapatkan penghasilan sendiri daripada nunggu lowongan kerja, syukur-syukur anda malah bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Buat yang lagi nyari jodoh internet juga sarana yang bisa dimanfaatkan. Fenomena jejaring sosial saat ini memungkinkan kita untuk bertemu dengan siapa saja termasuk dengan orang yang mungkin juga sedang mencari pasangan. Tapi harus waspada dan hati-hati bila anda berkomunikasi dengan orang yang belum anda kenal di internet, karena banyak hal tak terduga yang bisa terjadi.

Itulah alasan mengapa saya katakan internet telah mengubah kehidupan kita. Internet bisa aja mengubah nasib kita. Pelajar atau mahasiswa yang biasanya susah nyari bahan buat tugas sekarang bisa dengan mudah mendapatkannya.(semoga internet bisa meningkatkan prestasi belajar anda).

Usaha anda yang biasanya sepi tetapi sejak memperkenalkan usaha lewat internet sekarang bisa maju dan sukses karena banyak mendapatkan pelanggan. Anda yang tadinya pengangguran sekarang bisa punya usaha sendiri atau minimal sudah menjadi pegawai setelah mengajukan lamaran kerja dari lowongan pekerjaan yang ada di internet.

Nasib anda yang tadinya sudah divonis bakal jomblo sampai tua akhirnya terpatahkan karena nyatanya sekarang sudah punya pasangan. Setelah bertemu kembali di internet dengan teman lama yang sebenarnya sudah sejak dulu saling naksir. Bisa juga anda ketemu dengan kenalan baru yang akhirnya mampu meluluhkan hati anda.

Setelah melihat beberapa contoh manfaat yang bisa kita dapatkan di internet, mungkin pemikiran anda akan semakin terbuka dan melihat internet sebagai sebuah pintu yang akan membawa anda pada kesuksesan. Akibat internet anda bisa menjadi pelajar yang berprestasi dan menjadi pengusaha atau tenaga profesional yang berhasil.

Sekarang pilih yang mana antara manfaat dan keuntungan yang bisa kita peroleh dari internet dibandingkan dengan secara konsisten hanya memanfaatkan internet untuk game online dan mengakses website jejaring sosial. Kalau anda masih normal dan tidak ingin pergi ke dokter sudah tentu mulai sekarang anda akan memanfaatkan internet untuk hal positif yang bisa menguntungkan.

Baiklah saya tahu kalau anda sudah terlanjur cinta dengan game online ataupun website jejaring sosial. Anda boleh kok sesekali mengaksesnya namun hanya sebagai selingan dan tidak tersesat dengan hanya mengakses itu saja sepanjang hari. Sebelum anda berinternet ada baiknya ditanyakan dulu apa yang akan dilakukan, kalau hanya sekedar main game atau chating lebih baik lakukan dulu pekerjaan yang sekiranya lebih berguna.

Mungkin terasa sudah sangat kelewatan kalau dalam berinternet saja kita juga harus bijaksana. Kenyataannya banyak pengguna internet yang tersesat dan tidak menyadari kalau yang mereka lakukan hanya merugikan diri sendiri. Itu semua terjadi karena mereka salah dalam memanfaatkan internet. Seharusnya internet bisa menjadikan hidup anda lebih baik. Internet mampu menjadi sesuatu yang menguntungkan bila saja anda mampu menggunakannya dan memanfaatkannya dengan benar.

Menggunakan internet dengan bijaksana diharapkan mampu dilakukan oleh semua pengguna internet. Penggunaan internet yang salah kaprah sangat merugikan. Waktu anda menjadi terbuang percuma padahal banyak hal lain yang lebih bermanfaat.

Komputer atau perangkat teknologi anda rasanya sangat sayang bila hanya digunakan untuk sekedar mengakses website jejaring sosial, chating maupun game online. Di luar sana sangat banyak orang yang membutuhkan komputer dan perangkat teknologi untuk bekerja dan belajar namun tak mampu membelinya sementara anda yang mampu untuk memilikinya hanya menggunakannya untuk membuang waktu dan uang.

Koneksi internet juga membutuhkan biaya yang cukup mahal, tak hanya untuk membeli peralatannya saja tetapi juga untuk perawatannya. Terlebih lagi listrik yang digunakan sebagai sumber energi jelas harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk hal-hal yang bermanfaat.

Masihkah anda rela membuang waktu, uang dan kesempatan hanya untuk tersesat dalam website jejaring sosial, chating dan game online yang sebenarnya sangat merugikan anda. Bila saja kita mampu untuk bijaksana sangat banyak hal bermanfaat yang bisa kita lakukan di internet tak hanya sekedar membuang waktu untuk hal yang tidak berguna.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List