Laptops

shop with all senses

Jumat, 25 Maret 2011

Awal Dari Bisnis Rumahan: Bisnis Warnet Tetap Menjanjikan


Dengan bekembang pesatnya internet pada saat ini, kita dapat membuka sebuah peluang usaha yang sangat menguntungkan, yaitu usaha Warnet. Mulai dari orang dewasa, anak-anak, kalangan menengah atas, hingga kalangan menengah kebawah pun sudah mulai mengenal yang namanya internet. Karena dengan internet kita dapat dengan mudahnya mencari segala informasi tentang apa saja yang kita inginkan. Apalagi saat ini sedang trend-trendnya situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter, yang hampir setiap hari orang pasti akan mengakses situs tersebut. Ditambah lagi dengan adanya Game Online, orang bisa betah berjam-jam berada di depan komputer.
Modal yang dibutuhkan untuk membuka internet memang tidak sedikit. Di butuhkan modal puluhan juta untuk dapat membuka usaha ini. Kalo di analisis, modal awal yang dibutuhkan yaitu:
Analisis awal:
10 PC untuk warnet : 3.500.000/unit x 10 = 35.000.000
Biaya listrik, AC, instalasi jaringan, dLL = 15.000.000
Sewa tempat = 10.000.000/tahun
Biaya tak terduga = 10.000.000
Jadi total = 70.000.000
Itupun kalau diambil Komputer dengan spek yang tinggi dan unggul dikelasnya, tetapi dengan modal 10 juta juga kita dapat memulai bisnis ini, saya bereksperimen hanya bermula dengan modal nekad dikasih oleh orang tua 8 Juta, kebetulan ada tempat nganggur bekas warung milik orang tua, kemudian membeli 5 Unit Komputer, 1 Unit Printer, plus itupun modal tersebut bisa mengcover pembuatan kbu, cat, dan penambahan daya dari 900 watt rumah menjadi 2800 watt dll, tetapi hal yang tak terkira modal tersebut dapat saya kembalikan kepada orang tua tercinta hanya dalam jangka waktu yg relatif singkat yaitu sekitar 6 bulan. Itu pun ditunjang dengan hasil profit penjualan komputer dan servis komputer orang yang sengaja datang kerumah. Sekarang saya termotivasi untuk memperbesar bisnis saya yaitu menambah jumlah Komputer sebagian untuk diperjual-belikan dan sebagian untuk dijadikan KBU Warnet, Sebenarnya bukan hanya bisnis warnet saja yang menguntungkan dari penjualan PC juga dapat menjadikan income tambahan bagi kita untuk menuai penghasilan. Sekarang penghasilan dari warnet bisa mengcover biaya makan, rokok dan jajan anak saya. Omzet bersihnya pun cukup lumayan. Hampir dalam 1 tahun penghasilan laba bersih bisa tembus mencapai angka +40 Juta. (Hasil dari warnet, Jual-beli Komputer dan Jasa Servis Komputer).


Kalo kita melihat analisis pertama di atas mungkin kita menjadi tidak berminat untuk membuka usaha ini, di karenakan membutuhkan modal yang besar tapi belum tentu menghasilkan keuntungan yang besar pula. Tetapi, apabila kita menekuni dan mengetahui strategi dalam berbisnis, usaha ini akan sangat menguntungkan. Biasanya biaya bermain di warnet kami di hitung per jam, tetapi ada juga yang menggunakan biaya paket, misalkan paket untuk 3 jam, harganya pun relatif murah di bandingkan biaya per jam. Harga biaya per jam yaitu sekitar Rp 2500/jam. Sedangkan 3 jam kami tarif Rp.6000 dan paket 2 jam Rp.4000 



Bagi pemula yang mau menekuni bisnis ini, sebetulnya bisa dipangkas biaya pengeluaran tak terduga misalnya: kalo kita mempunyai sebidang tempat yang ruangannya bisa menampung minimalnya 5 unit komputer saya rasa tidak sulit, apalagi mempunyai tempat strategis misalnya tempatnya pas dipinggir jalan, hal itu bisa membuat nilai plus karena memudahkan orang untuk mengenal warnet kita apalagi tempat warnetnya dekat dengan sekolahan dan masyarakat sekitar, sehingga orang dapat mempermudah mengenali warnet kita. Kemudian disamping itu buatlah spanduk yang cukup besar agar warnet kita bisa terlihat oleh orang.
Bisnis warnet sebetulnya tidak sulit untuk didirikan dan di kelola, cukup dengan beberapa komputer saja sudah bisa untuk membuka warnet. Untuk mengelola warnet juga tidak harus oleh orang-orang yang mempunyai skill bagus di bidang komputer, siapa saja bisa melakukannya asalkan dia mengerti komputer.


Agar bisnis warnet yang didirikan dapat memperoleh keuntungan yang di harapkan, maka para pembisnis warnet ini juga harus pintar memilih tempat yang strategis dan memiliki suatu kreativitas dalam memberikan pelayanan sehingga para pelanggan merasa puas dan tidak akan berpaling ke warnet yang lain. Salah satu contohnya adalah pelayanan tempat. Biasanya para remaja lebih suka warnet yang mempunyai fasilitas ac, music player, dll. Contoh lainnya adalah menawarkan promosi-promosi yang dapat membuat orang-orang tertarik. Dengan begitu usaha warnet kita tidak mungkin gulung tikar.
Semoga Tips ini bisa bermanfaat bagi kita semua, terutama yang mau terjun dalam menekuni usaha wiraswasta. 
@############SELAMAT MENCOBA#############@


1 komentar:

 

My Blog List